PELATIHAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN 

DESKRIPSI TRAINING HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN 

Pelatihan hukum perlindungan konsumen memiliki peran penting dalam memastikan hak dan keselamatan konsumen terjaga. 

Sehingga, pelatihan hukum perlindungan konsumen menjadi penting untuk memastikan keadilan dan keamanan bagi seluruh konsumen.

TUJUAN TRAINING PERLINDUNGAN KONSUMEN

  • Kesadaran konsumen.
  • Pengetahuan hukum.
  • Perlindungan terhadap praktik bisnis tidak etis.
  • Meningkatkan kualitas produk dan layanan.
  • Menegakkan hukum.

MATERI TRAINING HAK KONSUMEN

  1. Pengenalan Hukum Perlindungan Konsumen:
    • Definisi konsumen dan perlindungan konsumen.
    • Sejarah perkembangan hukum perlindungan konsumen.
    • Tujuan dan manfaat perlindungan konsumen.
  2. Hak Konsumen:
    • Hak atas informasi yang jelas dan benar.
    • Hak untuk mendapatkan produk dan layanan berkualitas.
    • Hak untuk mengajukan keluhan dan mendapatkan ganti rugi.
  3. Undang-Undang Perlindungan Konsumen:
    • Pemahaman tentang undang-undang perlindungan konsumen yang berlaku di negara/daerah terkait.
    • Isi dan substansi undang-undang perlindungan konsumen.
    • Ketentuan dan sanksi bagi pelanggar undang-undang.
  4. Tanggung Jawab Pelaku Usaha:
    • Kewajiban pelaku usaha dalam menyediakan produk dan layanan yang aman dan berkualitas.
    • Praktik bisnis yang adil dan etis.
    • Mekanisme penyelesaian sengketa konsumen.
  5. Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Elektronik:
    • Hak dan perlindungan konsumen dalam transaksi online.
    • Keamanan data pribadi konsumen dalam transaksi elektronik.
  6. Penipuan dan Praktik Bisnis Tidak Etis:
    • Mengenali tanda-tanda penipuan dan praktik bisnis yang tidak etis.
    • Cara melaporkan dan menghindari penipuan.
  7. Gugatan Kelompok (Class Action):
    • Pengertian dan prinsip gugatan kelompok.
    • Manfaat dan risiko terlibat dalam gugatan kelompok.
  8. Kasus Studi:
    • Analisis kasus nyata terkait pelanggaran hukum perlindungan konsumen.
    • Mempelajari hasil putusan pengadilan terkait perlindungan konsumen.
  9. Peran Lembaga Perlindungan Konsumen:
    • Peran dan fungsi lembaga perlindungan konsumen di negara/daerah terkait.
    • Cara mengajukan laporan dan keluhan kepada lembaga tersebut.
  10. Kampanye Kesadaran Konsumen:
    • Rencana dan strategi kampanye untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang hak-hak mereka.
    • Membuat materi kampanye dan mengkomunikasikannya secara efektif.

PESERTA TRAINING HAK KONSUMEN BATAM

  • Para konsumen.
  • Pelaku usaha.
  • Profesional hukum.
  • Pegawai pemerintah.

Pemateri/ Trainer Pelatihan Perlindungan Konsumen Bali

Pelatihan ini akan diberikan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Sebelum pelatihan berlangsung Anda juga dapat berkomunikasi dengan tim training kami untuk menentukan outcome/ kompetensi yang ingin Anda capai setelah mengikuti pelatihan ini.

Metode Pelatihan Hak Konsumen Lombok

Materi yang akan disampaikan dalam training menggunakan metode yang terdiri dari presentasi 20% , Diskusi 20%, dan Praktek kurang lebih 60 % dari keseluruhan materi pelatihan yang akan disampaikan oleh pemateri kami.  Namun jika dirasa metode ini kurang tepat untuk Tim dan Perusahaan Anda, tidak perlu sungkan untuk mendiskusikan hal ini kepada tim training kami sehingga kompetensi yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan Perusahaan tempat Anda bekerja.

Lokasi Pelatihan Hukum Perlindungan Medan

Training ini dilaksanakan di beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Ibukota DKI Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Lombok dan juga kota Batam. Jika Anda membutuhkan pelatihan di kota lain silahkan menghubungi tim marketing kami.

Jadwal Training Terbaru di Tahun 2024

Januari : 16-17 Januari 2024
Februari : 13-14 Februari 2024
Maret : 5-6 Maret 2024
April : 24-25 April 2024
Mei : 21-22 Mei 2024
Juni : 11-12 Juni 2024
Juli : 16-17 Juli 2024
Agustus : 20-21 Agustus 2024
September : 17-18 September 2024
Oktober : 8-9 Oktober 2024
November : 12-13 November 2024
Desember : 17-18 Desember 2024

Jadwal tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Investasi Training Hukum Perlindungan Kuala Lumpur tahun 2024 ini :

Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Pelatihan untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):

  • FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
  • FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
  • Module / Handout
  • FREE Flashdisk
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpack (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive

Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.