TRAINING TRANSISI DARI STAF MENJADI SUPERVISOR
TRAINING CARA-CARA YANG EFEKTIF MENGELOLA TRANSISI |
|||
|
Trainer : Dr. Dwi Suryanto, MM., Ph.D.
Pelatihan ini akan mengajak anda menjadi supervisor yang sukses.
Anda akan trampil memenuhi ‘tuntutan dan harapan’ atasan, rekan
setara, dan juga bawahan anda.
Apakah anda baru saja dipromosikan sebagai manajer atau supervisor?
Pelatihan Making the Transition from Staff to Supervisor
Melangkah ke posisi yang memiliki wewenang berarti siap untuk
menghadapi tantangan baru, tanggung jawab baru, dan anda harus
memiliki keahlian yang tepat.
Jabatan baru itu juga menawarkan imbalan yang cukup membahagiakan,
termasuk penghargaan yang tinggi dari rekan dan atasan anda. Jabatan
itu juga menjanjikan kepuasan kerja yang lebih tinggi, dan tentu
pendapatan yang lebih besar.
Ini jelas sangat memotivasi. Tapi sebagai seorang supervisor baru,
anda mungkin merasa ‘terjerembab’ dalam pusaran tanggung jawab yang
baru. Anda mungkin risau dan stress ketika anda ‘beranjak’ dari
seorang karyawan ‘biasa’ dan sekarang menjadi pemimpin.
Anda mungkin merasa bahwa jabatan baru anda ini akan memicu iri hati
rekan-rekan anda…Anda tidak yakin bagaimana anda bisa sukses dalam
kerja yang makin menantang…
Anda kadang membayangkan bagaimana sebaiknya jika anda harus merekrut,
menegur, memberi hukuman, dan bahkan anda harus memecat seseorang…
Berlatihlah untuk memuluskan transisi ini…
Pelatihan supervisory ini didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan
orang-orang baru yang harus mengelola dan memimpin orang lain. Jika
anda baru saja menjadi pemimpin atau manajer, pelatihan ini cocok
untuk anda.
Apa yang akan dipelajari di sini akan membekali anda dengan
seperangkat keahlian, strategi, dan teknik-teknik yang baru yang akan
memuluskan langkah anda dalam tugas anda sebagai pemimpin baru.
Keahlian tadi juga akan membuat karir anda akan lebih mulus lagi di
masa datang.
Anda akan temukan bagaimana anda mampu bergaul harmonis dengan rekan
anda dulu yang sekarang menjadi bawahan anda. Anda akan belajar
keahlian komunikasi yang mampu menyamankan setiap orang sesuai dengan
posisi anda.
Anda akan mendapatkan rahasia memotivasi dan mendorong orang agar
mereka melakukan ‘yang terbaik’ bagi anda. Anda akan melengkapi
diri bagaimana menegur dan mendisiplinkan karyawan anda dengan
tegas dan adil, namun tanpa memicu kemarahan mereka.
Pelatihan supervisor ini tidak hanya menunjukkan bagaimana
mempengaruhi perilaku karyawan secara positif, tapi juga membekali
anda ketika anda menangani hal-hal negative seperti gossip, rumor, dan
sikap bermusuhan dari karyawan anda.
Ketika anda menerapkan strategi tadi, pasti anda akan sukses sebagai
seorang supervisor.
Materi Pelatihan:
Anda akan belajar…
* 5 langkah untuk membangun kepercayaan dan memperoleh respek dari
orang lain.
* Kapan anda harus fleksibel, dan kapan anda harus tegas.
* Bagaimana mengembangkan gaya kepemimpinan khas pribadi anda
sendiri.
* Strategi memotivasi orang lain agar memperoleh hasil yang anda
inginkan.
* Bagaimana berkomunikasi secara lebih efektif ketika anda menjadi
supervisor yang baru.
* Apakah sesungguhnya disiplin itu, dan bagaimana anda menangani
situasi yang tidak mengenakkan.
* Apa yang harus diketahui oleh seorang supervisor dan manajer baru
ketika mereka harus merekrut dan memberhentikan karyawan.
* Keahlian manajemen waktu yang benar-benar bisa diterapkan secara
efektif di tempat kerja.
* Dan masih banyak lagi yang lainnya!
Managing your new employees
* Cara-cara yang efektif mengelola transisi dari karyawan biasa
menjadi pemegang wewenang tanpa kelihatan terlalu dominan atau
terlalu “bossy.
* Bagaimana menangani dan bergaul dengan orang-orang yang juga
menghendaki jabatan anda.
* Srategi bagaimana mengelola orang-orang yang lebih berpengalaman
dibanding anda.
* Bagaimana anda tetap sukses ketika anda tahu bahwa kesuksesan anda
tergantung kepada prestasi tim anda, dan bukannya kerja anda
sendiri.
* Mengapa anda harus jujur menilai perilaku dan gaya komunikasi
anda, dan anda harus mengubahnya jika anda pandang perlu.
* Kunci-kunci perbedaan komunikasi dengan orang-orang di atas dan di
bawah posisi anda.
* Keahlian mendengarkan yang harus dimiliki oleh seorang supervisor
yang sukses.
* 5 langkah praktis membangun kepercayaan dan memperoleh respek –
bahkan dari karyawan yang paling tidak kooperatif.
* Tips dan tools efektif mengelola karyawan anda (apa pun
kondisinya).
* Keahlian penting mengelola “dream team” karyawan anda.
* Delegasi: Mengapa delegasi tidak anda manfaatkan untuk memberi
orang lain pekerjaan yang tidak anda inginkan?
* Bagaimana memberi contoh positif tanpa harus terkesan anda sebagai
orang yang sok ‘suci’.
* Rahasia sukses: Bagaimana memperoleh hasil optimal melalui orang
lain.
* Apa yang diinginkan karyawan, dan anda mampu memenuhinya sehingga
mereka siap mendukung anda?
* Seni mengapresiasi – kapan, di mana, dan bagaimana harus
mengapresiasi karyawan anda.
* Bagaimana mengenali dan memotivasi karyawan ‘bermasalah’
* Rahasia tepat mendisiplinkan karyawan.
* Dari teman biasa, tiba-tiba menjadi bos, bisakah anda masih
berteman baik dengan rekan anda? Temukan rahasianya…
Managing Yourself…
* Apa yang akan anda kerjakan sekarang? (Keahlian yang membawa anda
pada posisi sekarang ini tidak otomatis bisa diterapkan di jabatan
baru)
* Bagaimana mengidentifikasi dan melenyapkan hambatan dalam diri
anda yang menghalangi anda untuk sukses
* 4 kesalahan paling umum yang selalu dilakukan oleh orang-orang
yang baru saja menjadi pemimpin atau supervisor
* The language of supervision — bagaimana melakukan SWOT analysis
* Cara-cara mengubah focus dari yang tadinya “depth of knowledge”
menjadi “breadth of understanding”
* Merekrut dan memecat: Apa yang harus diketahui oleh supervisor
baru terhadap masalah yang amat penting ini
* Lebih banyak kerja, tanggung jawab, dan tekanan – bagaimana anda
bisa tetap ‘mengendalikan’ hal-hal itu tanpa harus kehilangan
kenyamanan, ketenangan, dan kecerdikan anda
* Tips yang harus anda ketahui agar meeting tetap tepat waktu, on
track, dan on target (Tidaklah sulit jika anda mengikuti guideline
yang kami sajikan dalam seminar ini!)
* Bagaimana mengembangkan rencana pertumbuhan pribadi diri anda dan
tetap menjaganya dalam jangka panjang. Ini penting agar karir anda
bisa meningkat terus…
* Bagaimana bisa sukses mengelola orang lain ketika ada di
dua posisi – karyawan dan supervisor
Jadwal pustraindo.co.id tahun 2023 :
Batch 1 : 24 – 26 Januari 2023
Batch 2 : 14 – 16 Februari 2023
Batch 3 : 20 – 23 Maret 2023
Batch 4 : 4 – 6 April 2023
Batch 5 : 15 – 17 Mei 2023
Batch 6 : 26 – 28 Juni 2023
Batch 7 : 17 – 19 Juli 2023
Batch 8 : 14 – 16 Agustus 2023
Batch 9 : 25 – 27 September 2023
Batch 10 : 10 – 12 Oktober 2023
Batch 11 : 7 – 9 November 2023
Batch 12 : 5 – 7 Desember 2023
–
Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta
Lokasi Pelatihan pustraindo.co.id:
- Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
Investasi Pelatihan tahun 2023 ini :
Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
- FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.
Technorati Tags: training reviu kertas kerja,temuan audit dan teknik penulisan laporan hasil audit yang efektif pasti jalan,training review kertas kerja pasti jalan,training teknik penulisan laporan hasil audit pasti jalan,training penyusunan laporan hasil audit pasti jalan,pelatihan reviu kertas kerja,pelatihan review kertas kerja pasti running