TRAINING STUDI KELAYAKAN USAHA
TRAINING MEMAHAMI KARATERISTIK PROYEK INVESTASI |
|||
|
menindaklanjuti proyek atau gagasan yang diajukan ini?” Seluruh
aktivitas dari studi itu ditujukan untuk membantu menjawab pertanyaan
ini.
Pelatihan Studi Kelayakan Usaha ini akan mengajarkan kepada anda cara
menganalisis layak tidaknya sebuah proposal atau usulan suatu proyek.
Studi kelayakan ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, tapi
tujuan utamanya adalah untuk bisnis atau proyek yang akan diusulkan
untuk dibangun.
Ketika studi kelayakan dilakukan pada awal sebuah inisiatif bisnis
atau proyek, hal itu akan menentukan layak dan tidaknya sebuah bisnis.
Ketika ternyata gagasan itu tidak layak, maka hal itu akan menghemat
biaya, waktu, dan juga kepusingan yang terjadi karena salah investasi.
Sebuah bisnis atau proyek yang dinyatakan layak jika bisnis atau
proyek itu menghasilkan cash-flow dan profit yang cukup.
Proyek itu juga harus tahan terhadap resiko yang menghadangnya, dan
juga bisnis itu bertahan untuk jangka panjang, dan tentu saja memenuhi
tujuan para pendiri bisnis atau proyek itu.
Feasibility studies ini diterapkan di hampir semua bisnis, termasuk
industri hotel, rumah sakit, restoran, real estate, kantor-kantor dan
industri lainnya.
Dengan melakukan Studi Kelayakan Usaha, sebuah perusahaan akan memperoleh
manfaat sebagai berikut:
1. Menghindari resiko kerugian
Untuk mengatasi resiko kerugian dimasa yang akan datang, karena dimasa
yang akan datang ada semacam kondisi ketidakpastian.
2. Memudahkan perencanaan
Jika kita sudah dapat meramalkan apa yang akan terjadi dimasa yang
akan datang, maka akan mempermudah kita dalam melakukan perencanaan
dan hal-hal apa saja yang perlu direncanakan.
3. Memudahkan pelaksanaan pekerjaan
Dengan adanya berbagai rencana yang sudah disusun akan sangat
memudahkan pelaksanaan bisnis. Para pelaksana yang mengerjakan bisnis
tersebut telah memiliki pedoman yang harus dikerjakan. Kemudian
pengerjaan usaha dapat dilakukan secara sistematik, sehingga tepat
sasaran dan sesuai dengan rencana yang sudah disusun.
4. Memudahkan pengawasan
Dengan telah dilaksanakannya suatu usaha atau proyek sesuai dengan
rencana yang sudah disusun, maka akan memudahkan perusahaan untuk
melakukan pengawasan terhadap jalannya usaha.
5. Memudahkan pengendalian
Jika dalam pelaksanan pekerjaan telah dilakukan pengawasan, maka
apabila terjadi suatu penyimpangan akan mudah terdeteksi, sehingga
akan bisa dilakukan pengendalian atas penyimpangan tersebut.
Siapa yang Perlu Ikut dalam Pelatihan Studi Kelayakan Usaha ini?
*
Para manajer atau staf profesional yang bertanggung jawab dalam
upaya mengembangkan usaha
*
Para analis kredit bank dan lembaga keuangan lain, staf pemasaran
*
Perusahaan sewa-beli (leasing), konsultan, eksekutif dan staf
profesional
*
Perusahaan asuransi dan yayasan, yang ingin meningkatkan
pengetahuan di bidang analisis kredit investasi dan prospek
perusahaan untuk investasi
*
Para investor dan calon investor
Manfaat Mengikuti Pelatihan Studi Kelayakan Usaha:
*
Dapat memahami ruang lingkup dan prosedur Studi Kelayakan Proyek
Investasi
*
Dapat memahami karateristik Proyek Investasi
*
Dapat memahami aspek –aspek dalam studi kelayakan investasi
*
Dapat memahami dan mampu menyusun Studi Kelayakan Investasi Proyek
Materi Pelatihan Studi Kelayakan Usaha
Ruang lingkup Studi Kelayakan Usaha, meliputi:
* Arti dari Studi Kelayakan dan jenis-jenis Studi Kelayakan
* Karateristik Studi Kelayakan Usaha
* Pentingnya Studi Kelayakan Usaha
* Bagaimana mengidentifikasi peluang usaha
Aspek -aspek Study Studi Kelayakan Usaha, meliputi:
* Aspek pasar
* Aspek teknologi dan proses produksi
* Aspek kapasitas produksi
* Aspek management dan organisasi
* Aspek keuangan
* Aspek lingkungan
Teknik menyusun Studi Kelayakan Usaha, meliputi:
* Siklus arus kas (cash flow cycle)
* Metode jangka pengembalian (pay back period)
* Hasil pengembalian atas aktiva (return on asset – roa)
* Benefit cost ratio ratio
* Rasio manfaat biaya (index profitabilitas ratio)
* Metode nilai sekarang bersih (net present value – npv)
* Metode tingkat hasil pengembalian internal (internal rate of
return – irr)
Penganggaran modal (capital budgeting), meliputi:
* Pentingnya penganggaran modal
* Pengaruh jangka panjang ( long-term effects )
* Pengelompokan usulan investasi
Jadwal pustraindo.co.id tahun 2023 :
Batch 1 : 24 – 26 Januari 2023
Batch 2 : 14 – 16 Februari 2023
Batch 3 : 20 – 23 Maret 2023
Batch 4 : 4 – 6 April 2023
Batch 5 : 15 – 17 Mei 2023
Batch 6 : 26 – 28 Juni 2023
Batch 7 : 17 – 19 Juli 2023
Batch 8 : 14 – 16 Agustus 2023
Batch 9 : 25 – 27 September 2023
Batch 10 : 10 – 12 Oktober 2023
Batch 11 : 7 – 9 November 2023
Batch 12 : 5 – 7 Desember 2023
–
Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta
Lokasi Pelatihan pustraindo.co.id:
- Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
Investasi Pelatihan tahun 2023 ini :
Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
- FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.
Technorati Tags: training reviu kertas kerja,temuan audit dan teknik penulisan laporan hasil audit yang efektif pasti jalan,training review kertas kerja pasti jalan,training teknik penulisan laporan hasil audit pasti jalan,training penyusunan laporan hasil audit pasti jalan,pelatihan reviu kertas kerja,pelatihan review kertas kerja pasti running