TRAINING MENGELOLA KRISIS
TRAINING MANAJEMEN KRISIS |
|||
|
Rural Book (RB) sedang menghadapi masalah. Penerbit ini menerbitkan
buku-buku tanaman liar yang ada di hutan yang bisa dimakan. Tumbuhan
yang bisa dimakan, diberi warna hijau. Gambar tumbuhan yang tidak bisa
dimakan, diberi warna merah.
Ternyata ada seseorang yang menukar warna, sehingga yang boleh dimakan
menjadi tidak bisa dimakan, dan yang tidak bisa dimakan, menjadi bisa
dimakan.
Akibatnya, beberapa orang meninggal dunia karena mengikuti petunjuk
buku itu. Perusahaan itu menghadapi masalah besar. Ini dinamakan
dengan product tampering.
Masalah itu bisa dihindarkan jika pimpinan perusahaan itu
mendengarkan saran dari seorang manajernya yang sudah ikut
pelatihan Mengelola Krisis. Saran dari manajernya ini dianggap sepi
karena dianggap produknya yang berupa buku tidak akan terjadi
product tampering.
Ini memang selalu terjadi. Kita sering menyangkal bahwa krisis tidak
mungkin terjadi pada perusahaan kita.
Riset membuktikan bahwa kegagalan perusahaan ketika menghadapi krisis
adalah karena:
* Ketidaktahuan apa yang harus dilakukan,
* Merasa terlalu besar bahwa bisnis kita akan tahan terhadap krisis,
* Denial, yaitu perasaan bahwa kita tidak akan terkena krisis.
Akibat dari pengabaian persiapan krisis, perusahaan mengalami kerugian
yang amat besar.
Penerbit buku seperti itu saja bisa terkena krisis, apalagi produsen
makanan, kimia, elektronik, dsb. Mereka lebih rentan terhadap product
tampering.
Kasus Tylenol dari Johnson & Johnson adalah kasus sukses satu
perusahaan dalam menangani krisis. Kesuksesan mereka menjadi pemicu
berkembangnya Crisis Management.
Mengapa harus mempelajari Manajemen Krisis :
* Dalam 24 bulan terakhir, krisis semakin banyak. Jumlah itu lebih
banyak daripada 20 tahun terakhir ini.
* Krisis makin melanda segala bidang, bahkan jarak geografis menjadi
kurang berarti. Ini karena dunia makin interconnected.
* Tidak ada industri, institusi yang bebas dari krisis. Krisis telah
menghantui hidup kita.
* Kita bisa belajar dari krisis yang sudah ada. Banyak perusahaan
yang berhasil melewati krisis dengan sukses. Kepada merekalah kita
belajar.
* Manajemen tradisional tidak terkondisikan menghadapi krisis.
Manajemen yang ada hanya mampu menangani masalah biasa. Ketika
krisis makin melanda, dibutuhkan crisis management.
* Kegagalan mengatasi krisis, lebih banyak disebabkan oleh tidak
siapnya perusahaan menghadapi krisis.
Manfaat Mempelajari Manajemen Krisis :
* Terdapatnya orang-orang yang memahami apa yang harus dilakukan
jika terjadi krisis.
* Meningkatkan kesadaran bahwa krisis bisa menimpa perusahaan apa
saja. Dengan bersiap akan bisa mengurangi dampak krisis.
* Setelah disadari, akan bisa dilakukan latihan-latihan dengan
skenario-skenario yang dirancang untuk mengantisipasi krisis yang
mungkin terjadi.
* Semakin banyak orang memahami manajemen krisis, kepedulian dan
kesiapan perusahaan untuk menghadapi krisis akan makin tinggi.
* Mampu memanfaatkan krisis untuk meningkatkan daya saing
perusahaan.
Materi Pelatihan Mengelola Krisis:
* Mengetahui penyebab mengapa krisis makin sering terjadi dan
memahami mengapa tidak ada satu pun perusahaan yang imun dari
krisis
* Memahami mengapa manajemen krisis amat penting di masa sekarang
ini
* Proactive crisis communication planning
* Mengenali tahapan krisis
* Mengenali gejala-gejala yang bisa memicu terjadinya krisis
* Mengambil langkah-langkah menangani krisis: 1) Take Charge
Quickly, 2) Establish the Facts, 3) Tell Your Story, 4) Fix the
Problem
* Bagaimana menyusun Executive Management Team
* Developing the Crisis Management Plan
* Menjaga Citra Perusahaan sebagai benteng pertahanan terhadap
krisis
* Bagaimana menghadapi krisis karena bencana alam
* Menjaga perusahaan tetap eksis di tengah krisis ekonomi global
* Bagaimana menangani krisis yang diakibatkan oleh kecurangan yang
ada di internal perusahaan
* Bagaimana memetakan tantangan luar biasa pada bisnis makanan yang
amat rentan terhadap krisis
* Bagaimana menangani liputan pers yang negative, dan bisa
membalikkan keadaan sehingga citra perusahaan tetap baik.
* Bagaimana mencegah pimpinan puncak agar tidak bertindak yang bisa
menyebabkan krisis makin memburuk
* Bagaimana memadukan Emotional IQ, Creative IQ, Social and
Political IQ, dan Spiritual IQ untuk mencegah, menangani, dan
mengambil manfaat dari krisis
Sasaran Peserta :
Manajer perencanaan, manajer SDM, Manajer Humas/Investor Relations,
dan siapa saja yang tertarik mempelajari Crisis Management.
Jadwal pustraindo.co.id tahun 2023 :
Batch 1 : 24 – 26 Januari 2023
Batch 2 : 14 – 16 Februari 2023
Batch 3 : 20 – 23 Maret 2023
Batch 4 : 4 – 6 April 2023
Batch 5 : 15 – 17 Mei 2023
Batch 6 : 26 – 28 Juni 2023
Batch 7 : 17 – 19 Juli 2023
Batch 8 : 14 – 16 Agustus 2023
Batch 9 : 25 – 27 September 2023
Batch 10 : 10 – 12 Oktober 2023
Batch 11 : 7 – 9 November 2023
Batch 12 : 5 – 7 Desember 2023
–
Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta
Lokasi Pelatihan pustraindo.co.id:
- Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
Investasi Pelatihan tahun 2023 ini :
Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
- FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.
Technorati Tags: training reviu kertas kerja,temuan audit dan teknik penulisan laporan hasil audit yang efektif pasti jalan,training review kertas kerja pasti jalan,training teknik penulisan laporan hasil audit pasti jalan,training penyusunan laporan hasil audit pasti jalan,pelatihan reviu kertas kerja,pelatihan review kertas kerja pasti running