TRAINING MENGATASI KRISIS PADA PERUSAHAAN
TRAINING MANAJEMEN KRISIS |
|||
|
Rural Book (RB) sedang menghadapi masalah. Penerbit ini menerbitkan
buku-buku tanaman liar yang ada di hutan yang bisa dimakan. Tumbuhan
yang bisa dimakan, diberi warna hijau. Gambar tumbuhan yang tidak bisa
dimakan, diberi warna merah.
Ternyata ada seseorang yang menukar warna, sehingga yang boleh dimakan
menjadi tidak bisa dimakan, dan yang tidak bisa dimakan, menjadi bisa
dimakan.
Akibatnya, beberapa orang meninggal dunia karena mengikuti petunjuk
buku itu. Perusahaan itu menghadapi masalah besar. Ini dinamakan
dengan product tampering.
Masalah itu bisa dihindarkan jika pimpinan perusahaan itu
mendengarkan saran dari seorang manajernya yang sudah ikut
pelatihan Mengatasi Krisis Pada Perusahaan. Saran dari manajernya
ini dianggap sepi karena dianggap produknya yang berupa buku tidak
akan terjadi product tampering.
Ini memang selalu terjadi. Kita sering menyangkal bahwa krisis tidak
mungkin terjadi pada perusahaan kita.
Riset membuktikan bahwa kegagalan perusahaan ketika menghadapi krisis
adalah karena:
* Ketidaktahuan apa yang harus dilakukan,
* Merasa terlalu besar bahwa bisnis kita akan tahan terhadap krisis,
* Denial, yaitu perasaan bahwa kita tidak akan terkena krisis.
Akibat dari pengabaian persiapan krisis, perusahaan mengalami kerugian
yang amat besar.
Penerbit buku seperti itu saja bisa terkena krisis, apalagi produsen
makanan, kimia, elektronik, dsb. Mereka lebih rentan terhadap product
tampering.
Kasus Tylenol dari Johnson & Johnson adalah kasus sukses satu
perusahaan dalam menangani krisis. Kesuksesan mereka menjadi pemicu
berkembangnya Crisis Management.
Mengapa harus mempelajari Manajemen Krisis :
* Dalam 24 bulan terakhir, krisis semakin banyak. Jumlah itu lebih
banyak daripada 20 tahun terakhir ini.
* Krisis makin melanda segala bidang, bahkan jarak geografis menjadi
kurang berarti. Ini karena dunia makin interconnected.
* Tidak ada industri, institusi yang bebas dari krisis. Krisis telah
menghantui hidup kita.
* Kita bisa belajar dari krisis yang sudah ada. Banyak perusahaan
yang berhasil melewati krisis dengan sukses. Kepada merekalah kita
belajar.
* Manajemen tradisional tidak terkondisikan menghadapi krisis.
Manajemen yang ada hanya mampu menangani masalah biasa. Ketika
krisis makin melanda, dibutuhkan crisis management.
* Kegagalan mengatasi krisis, lebih banyak disebabkan oleh tidak
siapnya perusahaan menghadapi krisis.
Manfaat Mempelajari Manajemen Krisis :
* Terdapatnya orang-orang yang memahami apa yang harus dilakukan
jika terjadi krisis.
* Meningkatkan kesadaran bahwa krisis bisa menimpa perusahaan apa
saja. Dengan bersiap akan bisa mengurangi dampak krisis.
* Setelah disadari, akan bisa dilakukan latihan-latihan dengan
skenario-skenario yang dirancang untuk mengantisipasi krisis yang
mungkin terjadi.
* Semakin banyak orang memahami manajemen krisis, kepedulian dan
kesiapan perusahaan untuk menghadapi krisis akan makin tinggi.
* Mampu memanfaatkan krisis untuk meningkatkan daya saing
perusahaan.
Materi Pelatihan Mengatasi Krisis Pada Perusahaan:
* Mengetahui penyebab mengapa krisis makin sering terjadi dan
memahami mengapa tidak ada satu pun perusahaan yang imun dari
krisis
* Memahami mengapa manajemen krisis amat penting di masa sekarang
ini
* Proactive crisis communication planning
* Mengenali tahapan krisis
* Mengenali gejala-gejala yang bisa memicu terjadinya krisis
* Mengambil langkah-langkah menangani krisis: 1) Take Charge
Quickly, 2) Establish the Facts, 3) Tell Your Story, 4) Fix the
Problem
* Bagaimana menyusun Executive Management Team
* Developing the Crisis Management Plan
* Menjaga Citra Perusahaan sebagai benteng pertahanan terhadap
krisis
* Bagaimana menghadapi krisis karena bencana alam
* Menjaga perusahaan tetap eksis di tengah krisis ekonomi global
* Bagaimana menangani krisis yang diakibatkan oleh kecurangan yang
ada di internal perusahaan
* Bagaimana memetakan tantangan luar biasa pada bisnis makanan yang
amat rentan terhadap krisis
* Bagaimana menangani liputan pers yang negative, dan bisa
membalikkan keadaan sehingga citra perusahaan tetap baik.
* Bagaimana mencegah pimpinan puncak agar tidak bertindak yang bisa
menyebabkan krisis makin memburuk
* Bagaimana memadukan Emotional IQ, Creative IQ, Social and
Political IQ, dan Spiritual IQ untuk mencegah, menangani, dan
mengambil manfaat dari krisis
Sasaran Peserta :
Manajer perencanaan, manajer SDM, Manajer Humas/Investor Relations,
dan siapa saja yang tertarik mempelajari Crisis Management.
Jadwal pustraindo.co.id tahun 2024 :
Bacth 1 : 16 -17 Januari 2024
Bacth 2 : 13 – 14 Februari 2024
Bacth 3 : 5 – 6 Maret 2024
Bacth 4 : 24 – 25 April 2024
Bacth 5 : 21 – 22 Mei 2024
Bacth 6 : 11 – 12 Juni 2024
Bacth 7 : 16 – 17 Juli 2024
Bacth 8 : 20 – 21 Agustus 2024
Bacth 9 : 17 – 18 September 2024
Bacth 10 : 8 – 9 Oktober 2024
Bacth 11 : 12 – 13 November 2024
Bacth 12 : 17 – 18 Desember 2024
Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta
Lokasi Pelatihan pustraindo.co.id:
- Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
Investasi Pelatihan tahun 2024 ini :
Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
- FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
Pendaftaran Training
Tingkatkan keterampilan untuk mendukung karier Anda sekarang! Segera daftar untuk pelatihan unggulan di Pustraindo. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengembangkan diri Anda dan menjadi ahli di bidang Anda. Daftar sekarang dan raih sukses bersama kami hubungi Marketing Pustraindo melalui WA 081218600928