TRAINING HANDLING SALES OBJECTIONS EFFECTIVELY
TRAINING BOOMER BRAIN IS BUYING |
|||
|
Satu hal yang paling membuat frustrasi bagi seorang penjual adalah
penolakan. Penolakan ini jika tidak ditangani dengan efektif akan
membuat seorang penjual menjadi lemah semangat, murung, dan bahkan
dampaknya bisa membuat penjual itu jadi membenci pekerjaan menjual
tersebut.
Penolakan adalah hasil akhir dari sebuah upaya penjualan. Sebenarnya
penolakan bisa dicegah atau diminimalisir jika penjual tahu benar apa
yang ada di benak calon pembeli ketika akan membeli suatu produk.
Pelatihan Handling Sales Objections Effectively
Selain itu seringkali penjual tidak menyadari bahwa kepribadian
penjual itu ternyata tidak cocok dengan kepribadian calon pembeli.
Seringkali kepribadian penjual membuat calon pembeli ‘tanpa sadar’
menghindar dari penjual tersebut. Ini menyangkut dengan apakah penjual
memahami kecerdasan emosi.
Dari riset diketahui bahwa pembeli akan membeli dari penjual yang
menyebabkan beban emosional terkecil. Jika penjual bisa menyesuaikan
gaya kepribadiannya dengan gaya kepribadian pembeli, potensi penolakan
penjualan akan jauh lebih kecil.
Jika ternyata dua hal itu sudah dilakukan dan tetap saja pembeli
menolak, maka perlu dilakukan cara mengatasi penolakan berdasar
strategi-strategi proven yang telah dilakukan oleh penjual top di
dunia.
Pelatihan penjualan dua hari ini akan membahas apa saja yang membuat
pembeli membeli satu produk. Dengan pendekatan melalui neuroscience
peserta akan belajar hal-hal apa saja ada di benak pikiran pembeli
ketika dia membeli satu barang.
Contoh, bagaimana bisa menjual barang kepada kelompok orang tua?
Ternyata dari scan melalui fMRI diketahui bahwa orang tua akan
membeli jika mereka memperoleh manfaat global dari produk itu.
Mereka tidak suka kepada detil produk. Jika kita menjual produk
internet, maka yang perlu ditekankan adalah manfaat global.
Misalnya pembeli tersebut bisa melihat foto-foto di facebook dengan
cepat. Atau jika dia ingin men-download music kesukaannya, dia bisa
melakukannya dengan cepat. Dia tidak tertarik kepada teknologi
misalnya EVDO, 3G, atau CDMA.
Bagaimana cara menjual kepada perempuan yang sudah punya anak?
Pastikan produk kita mengurangi kerepotannya dalam mengurus anak-anak
dan juga karirnya. Dan jangan lupa, ibu-ibu butuh kelompok pendukung
sesama ibu-ibu (bisa facebook, bisa newsgroup, atau arisan). Pastikan
menyebut manfaat tersebut ketika kita menjual pada kelompok tersebut.
Selain itu peserta akan belajar mengenal kepribadian mereka dan juga
kepribadian calon pembeli. Contoh jika kepribadian penjual adalah
penganalisir (analyser) dan akan menjual kepada pembeli yang
berkepribadian kebersamaan (togetherness), dan penjual tidak
menyesuaikan gaya kepribadiannya, maka penjualan tidak akan sukses.
Pelatihan penjualan ini akan membekali dengan cara praktis mengenal
pribadi penjual dan pribadi pembeli. Ketika penjual bisa menyesuaikan
kepribadiannya, potensi penolakan akan kecil.
Namun jika pembeli tetap menolak, pelatihan ini akan membekali peserta
dengan begitu banyak strategi, taktik, dan tips yang teruji yang bisa
mengatasi penolakan.
Tidak itu saja, peserta akan belajar teknik yang membuat diri mereka
tetap tegar walaupun mengalami banyak penolakan. Ini adalah kunci
untuk berhasilnya sebuah penjualan yang sukses.
Manfaat Pelatihan
Setelah mempelajari dan menerapkan apa yang diajarkan dalam pelatihan
ini, peserta akan:
* Mengenali dengan persis apa yang ada di benak kelompok pembeli,
termasuk kelompok perempuan yang belum menikah, perempuan yang
sudah menikah, dan orang tua ketika mereka akan membeli produk
* Mengetahui kepribadian diri sendiri dan mengetahui gambaran garis
besar kepribadian calon pembeli
* Mengenali open question yang jika diterapkan akan mempertinggi
potensi pembelian
* Mengenali dan mempraktekkan berbagai strategi mengatasi penolakan
dengan belajar dari penjual ulung di dunia
* Bisa bangkit kembali dan terus berjuang untuk terus menjual walau
sering mengalami penolakan
Materi Pelatihan
Hari Pertama:
Introducing the Buying Brain:
* Mempelajari bagaimana Neuroscience mulai digunakan oleh marketer
top untuk mengetahui proses apa yang sesungguhnya terjadi ketika
seseorang membeli suatu barang atau jasa
The Boomer Brain Is Buying:
* Peserta akan memahami bagaimana umur mempengaruhi otak pembeli
* Strategi apa yang tepat digunakan ketika target market umurnya 60
tahun ke atas
* Bagaimana cara menyusun pesan yang tepat bagai orang-orang yang
umurnya 60 tahun keatas
The Female Brain Is Buying:
* Mengapa jenis kelamin berbeda ketika mereka memutuskan untuk
membeli barang atau jasa
* Bagaimana bisa secara efektif mengarahkan pesan marketing kita
kepada otak perempuan
* Peserta akan memahami elemen-elemen dari pesan marketing yang
disukai oleh otak perempuan
Neuromarketing and Baby Care Products:
* Peserta akan memahami perbedaan otak pelanggan perempuan dan
ibu-ibu
* Mengapa peran keibuan mempertinggi fungsi otak tertentu
* Bagaimana menyusun pesan pemasaran yang cocok bagi para ibu
The Empathic Brain Is Buying:
* Peserta akan mempelajari riset terobosan terakhir yang menunjukkan
bagaimana otak kita bereaksi atau “mirror” ketika kita melihat
orang lain melakukan hal-hal tertentu
* Peserta akan belajar memanfaatkan the Mirror Neuron System untuk
mengundang calon consumers untuk mengalami produk, jasa, merek,
dan lingkungan yang peserta tawarkan
* Pengenalan konsep kecerdasan emosi, termasuk berbagai riset
terkini di bidang kecerdasan itu
* Mempelajari profil pribadi berdasar konsep awareness, restraint,
resilience, empathy, dan building rapport
* Bagaimana memindahkan konsep diri yang cenderung kepada ‘aku’ dan
kemudian beralih ke ‘kita’ secara efektif
* Bagaimana mengatasi spiral emosi negatif yang sering menghambat
dalam proses penjualan secara efektif
Hari Kedua
* Menerapkan budaya NO (penolakan) pada awal-awal proses seorang
penjual – NO – artinya NO for Now
* Case study penerapan NO oleh Learfield Sports yang akhirnya sukses
besar dalam menjual
* Open Question Selling
* Handling objections based on Open Question Selling
* Strategi ketika calon pembeli menggunakan kata MAYBE…
* Strategi penolakan – Teknik PURR
* Strategi mengatasi penolakan – Metoda Triple “F”
* Mengambil Resiko Penolakan – sindroma penjualan pasca traumatis –
menganalisis “Tidak” – Permainan angka
* Menjual berdasar Rasa Keberatan
* Mengatasi rasa keberatan konsisten
* Mengetahui perbedaan antara rasa keberatan atau pertanyaan
* Strategi menyingkirkan hambatan keberatan satu demi satu
Jadwal pustraindo.co.id tahun 2024 :
Bacth 1 : 16 -17 Januari 2024
Bacth 2 : 13 – 14 Februari 2024
Bacth 3 : 5 – 6 Maret 2024
Bacth 4 : 24 – 25 April 2024
Bacth 5 : 21 – 22 Mei 2024
Bacth 6 : 11 – 12 Juni 2024
Bacth 7 : 16 – 17 Juli 2024
Bacth 8 : 20 – 21 Agustus 2024
Bacth 9 : 17 – 18 September 2024
Bacth 10 : 8 – 9 Oktober 2024
Bacth 11 : 12 – 13 November 2024
Bacth 12 : 17 – 18 Desember 2024
Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta
Lokasi Pelatihan pustraindo.co.id:
- Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
Investasi Pelatihan tahun 2024 ini :
Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
- FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
Pendaftaran Training
Tingkatkan keterampilan untuk mendukung karier Anda sekarang! Segera daftar untuk pelatihan unggulan di Pustraindo. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengembangkan diri Anda dan menjadi ahli di bidang Anda. Daftar sekarang dan raih sukses bersama kami hubungi Marketing Pustraindo melalui WA 081218600928