TRAINING GENERAL AFFAIR (GA)
TRAINING KONSEP TIME MANAGEMENT |
|||
|
Peran General Affair (GA) dalam suatu perusahaan pada umumnya masih
kurang diperhatikan, bila dibandingkan dengan peran departemen
produksi yang secara langsung menghasilkan profit bagi perusahaan.
Padahal sebagai supporting unit, General Affair memiliki peran yang
tidak kalah penting bila dibandingkan dengan departemen lain. Tanpa
General Affair yang professional, organisasi tidak dapat menghasilkan
performance yang optimal.
Supaya tugas operasional perusahaan berjalan lancar, general affair
harus memahami semua tugas dan dapat melaksanakan secara efektif dan
efisien.
General Affair adalah supporting unit yang bertujuan memberikan
pelayanan- pelayanan kepada unit-unit kerja lain.
Bahkan pada umumnya, GA melayani seluruh unit kerja di perusahaan
(bersifat shared service) dalam hal administrasi dan pengelolaan
pelayanan rutin kantor.
Tugas seorang GA sungguh sangat kompleks karenanya biasa disebut “Job
Matrix” yang mana biasanya dalam satu waktu seorang GA dituntut
menyelesaikan beberapa permasalahan.
Karakteristik pekerjaan dari General Affair adalah banyaknya variasi
tugas sehingga membutuhkan pengetahuan luas dan keterampilan teknis
yang umum dan dituntut memiliki kompetensi yang baik, yang mampu
menjalankan semua tugas dan tanggung jawab secara baik.
Training General Affair ini akan membekali peserta agar kinerja dari
departemen GA dapat diandalkan untuk menangani beragam tugas,
berinteraksi dan berkoordinasi baik internal maupun eksternal,
sehingga sangat mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan secara
efektif dan efisien.
Pelatihan ini akan membahas mengenai General Affair yang
diselenggarakan selama 2 hari. Adapun tujuan pelatihan ini adalah
sebagai berikut:
1.
Untuk memberi pemahaman tentang tanggung jawab dan tugas departemen
General Affair sehingga peserta dapat meningkatkan kinerjanya.
2.
Untuk memberikan pemahaman tentang masalah- masalah yang mungkin
timbul dalam departemen General Affair dan bisa menyelesaikan
masalah – masalah tersebut.
3.
Peserta akan mempunyai kesiapan mental dan motivasi bekerja yang
tinggi dengan tugas yang berat sebagai supporting unit.
4.
Peserta akan memiliki skill dalam pengelolaan GA secara profesional
5.
Peserta akan mempunyai skill untuk berhubungan dengan departemen
lain dan juga pihak external perusahaan.
6.
Peserta dapat merencanakan program GA yang berkesinambungan.
Output Pelatihan
1.
Dapat memahami tugas dan tanggung jawab personel General Affair
dengan skala waktu pengerjaannya.
2.
Dapat mengetahui dan memahami Key Performance Indicator untuk
personel General Affair.
3.
Dapat memahami konsep time management.
4.
Dapat memahami dan menerapkan proses koordinasi dengan baik.
5.
Dapat memahami dan menerapkan proses lobby dan negosiasi dengan
baik.
6.
Dapat memahami penataan ruangan kantor yang efektif dan efisien.
7.
Dapat memahami penggunaan sistem penerangan pada ruangan dan
lingkungan kantor.
8.
Dapat menggunakan sejumlah formulir Check Sheet untuk panduan
standarisasi umum kualitas pelayanan untuk keperluan internal dan
eksternal audit dalam ruang lingkup GA.
9.
Dapat menganalisis faktor-faktor yang menjadi permasalahan utama
yang umum terjadi pada aktivitas GA dan mampu menyelesaikan
permasalahan tersebut.
Materi Pelatihan
1.
Ruang Lingkup pekerjaan General Affair
2.
Fungsi dan Tanggung Jawab General Affair
3.
Hal-hal yang menjadi tantangan di bagian General Affair
4.
Motivasi dan persiapan mental bagi personel di General Affair
5.
Bagaimana bagian GA dapat berkoordinasi dengan seluruh departemen
dan mensosialisasikan kepada Internal & Eksternal
6.
Melaksanakan tugas rutin/insidentil serta perencanaan dan
antisipasinya
7.
Masalah-masalah yang timbul di General Affair
8.
Mengurus berbagai perijinan, dan kehumasan, operasional, dll
9.
Penyediaan dan pengelolaan Alat Tulis Kantor (ATK & Stationery)
10.
Penanganan & Perawatan Bangunan & Gedung/General Cleaner
11.
Pengelolaan Kendaraan Perusahaan/driver/Pool dan perparkiran
12.
Pelaksanaan kebersihan, & penanganan Kebersihan (Cleaning Service)
gedung/kantor sirkulasi udara bersih, pencahayaan, set up & setting
ruang kerja
13.
Penanganan Listrik, Gas & Air, Waste Water / Limbah,
14.
Event khusus seperti Gathering, lebaran, liburan, ulang tahun,
momentum suka cita dan dua cita dll.
15.
Pengelolaan Kurir, Surat Kedinasan, Surat Perbankan, dll.
16.
Pengelolaan Cleaning Service & Office Boy / Office Girl
17.
Pelaksanaan & Penanganan Satuan Pengamanan (Security)
18.
Outsourcing Management / Labour Suply / Tenaga Kerja Kontrak
(Bagaimana melakukan, memilih dan membuat kerjasama outsourcing)
19.
Pengelolaan Kantin, Laundry & Mess Perusahaan
20.
Penanganan tamu Penting (Tamu VVIP, VIP, Instansi Pemerintah,
External Auditor, Demonstrasi / Unjuk Rasa)
21.
KPI untuk General Affair Operation
22.
Kepengurusan Tenaga Kerja Asing
23.
Perawatan dan pengadaan instalasi listrik (Mechanical dan
electrical)
24.
Berhubungan dengan pihak eksternal perusahaan (Pemda, Kepolisian,
pemkab, muspida, ormas, wartawan, kelurahan, kecamatan dll)
25.
Mengurusi semua kebutuhan operasional perusahaan maupun saluran
komunikasi (telepon, fax, Surat, dll) dan Receptionist serta keluar
masuk Tamu
Sasaran Peserta:
*
Mahasiswa tingkat akhir yang ingin berkarir sebagai HRGA maupun
pengelolaan GA
*
GA Officer, GA Staff, GA Group Leader, GA Supervisor, GA
Coordinator, GA Section Head, GA Superintendent, dan GA Manager
*
Personel General Affair (GA) Departemen
*
Personel Human Resources & General Affair (HRGA) Departemen
*
Manager Non GA yang berminat mempelajari General Affair
*
Executive atau Praktisi Bisnis yang ingin tahu mengenai General
Affair
*
Professional atau Individu yang berkaitan dengan pengelolaan
General Affair
Jadwal pustraindo.co.id tahun 2024 :
Bacth 1 : 16 -17 Januari 2024
Bacth 2 : 13 – 14 Februari 2024
Bacth 3 : 5 – 6 Maret 2024
Bacth 4 : 24 – 25 April 2024
Bacth 5 : 21 – 22 Mei 2024
Bacth 6 : 11 – 12 Juni 2024
Bacth 7 : 16 – 17 Juli 2024
Bacth 8 : 20 – 21 Agustus 2024
Bacth 9 : 17 – 18 September 2024
Bacth 10 : 8 – 9 Oktober 2024
Bacth 11 : 12 – 13 November 2024
Bacth 12 : 17 – 18 Desember 2024
Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta
Lokasi Pelatihan pustraindo.co.id:
- Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
- Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant * syarat & ketentuan berlaku)
Investasi Pelatihan tahun 2024 ini :
Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
- FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
Pendaftaran Training
Tingkatkan keterampilan untuk mendukung karier Anda sekarang! Segera daftar untuk pelatihan unggulan di Pustraindo. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengembangkan diri Anda dan menjadi ahli di bidang Anda. Daftar sekarang dan raih sukses bersama kami hubungi Marketing Pustraindo melalui WA 081218600928